NOVA

Photobucket

Sabtu, 06 April 2013

7 TIPS DALAM BELAJAR TANGGA NADA


photo credit: orangeacid via photopin cc

Beberapa dari kita mungkin mengeluh karena tidak ada waktu untuk berlatih gitar. Semakin  hari kesibukan kita semakin bertambah dan tidak punya waktu lagi untuk meningkatkan kemampuan kita. Namun sebenarnya berlatih gitar tidak perlu sampai berjam-jam perhari. Contohnya berlatih dan menghafal tangga nada tidak perlu sampai satu jam. Kalian bisa berlatih hanya beberapa menit perhari dengan membaca tips di bawah ini.

1.    5 menit perhari

Berlatih scale sebenarnya tidak memerlukan waktu lama, hanya butuh 5 menit perhari untuk setiap scalenya. Itu berarti jika kalian berlatih dan memfokuskan diri pada 4 scale (misalnya : diatonik, pentatonik, harmonic minor dan tangga nada lain) kalian hanya butuh waktu 20 menit saja (4 scale x 5 menit per scale). 

2.    Luangkan waktu untuk menghapal

Sangat sulit untuk berlatih scale hanya dengan 5 menit saja jika kalian tidak hapal satu pun posisi scale tersebut pada gitar. Maka dari itu, luangkan waktu untuk menghafal scale yang belum kalian kuasai, minimal secara garis besar kalian hafal bentuk dan posisi dari masing-masing scale yang ingin kalian latih.

3.    Lakukan setiap hari

Luangkan waktu setiap harinya untuk berlatih scale yang ingin kalian kuasai, hanya butuh waktu kurang dari satu jam untuk melakukan ini. Usahakan kalian punya waktu khusus untuk berlatih. Contoh kalian bisa berlatih sebelum tidur, atau sesudah bangun tidur setiap harinya.

4.    Ganti nada dasar secara berkala

Usahakan untuk mengganti nada dasar secara berkala, bisa satu minggu sekali atau dua minggu sekali. Misalnya jika minggu ini kalian berlatih scale dengan nada dasar C maka minggu depan kalian berlatih dengan nada dasar D atau yang lainya.

Kalian juga bisa mengganti nada dasar setelah kalian cukup menguasai dan hafal scale yang kalian latih.

5.    Hapalkan dengan Solmisasinya

Ketika berlatih scale usahakan sambil menghafal dalam hati.  Ucapkan  dalam hati nada (Do, re mi) yang kalian sentuh. Banyak sekali kegunaan dari hal ini salah satu diantaranya adalah kalian akan tahu jika kalian menekan nada yang salah.

6.    Tempo lambat dan cepat

Mengenai tempo, kalian bisa gunakan tempo cepat atau lambat. Tempo cepat untuk melatih kecepatan dan gerakan jari kalian sementara dengan tempo lambat kalian akan mendengarkan dengan jelas tiap intervalnya sehingga membuat kalian tahu karakter atau nuansa yang dikeluarkan scale tersebut.

7.    Gunakan sebagai pemanasan

Jika kalian tidak punya waktu banyak, kalian bisa gunakan scale sebagai pemanasan. Disamping  melemaskan jari hal ini juga berguna untuk melatih dan menghafal scale yang ingin kalian kuasai.

Itulah beberapa tips yang bisa kalian pakai dalam berlatih scale atau tangga nada. Dengan mengaplikasikannya setiap hari maka tentu kemampuan bermain gitar kalian akan meningkat drastis dan perbendaharaan scale juga semakin banyak.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews