NOVA

Photobucket

Rabu, 16 Januari 2013

CARA AGAR TIDAK TAKUT BERIMPROFASI SOLO GITAR

Ada satu hal yang menghalangi Anda menjadi seorang gitaris handal seperti yang sering Anda bayangkan di benak Anda. Rasa takut.
Pikiran Anda sering menghalangi apa yang akan di lakukan tangan Anda. Ada beberapa cara untuk menghilangkan itu semua dan jadilah seorang gitaris yang bisa “di todong” untuk bermain kapan saja, dengan genre apa saja.
Memang benar jika Anda harus melatih scales dan Arpeggio Anda, benar juga jika Anda harus menggunakan Metronome untuk membangun speed Anda. Namun jika Anda terpaksa harus berimprovisasi, menciptakan melodi dalam sesaat, Anda tidak bisa berfikir, Anda hanya harus bermain. Tentu saja ini akan menjadi moment yang sangat membingungkan bagi Anda. Nah… untuk itu silahkan simak beberapa hal berikut ini yang mungkin dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah di atas.
1. Pernahkan Anda membunuh seseorang dengan nada yang jelek? tentu saja tidak. Begitu juga orang lain, mereka tidak pernah membunuh orang dengan nada yang jelek. Anda bisa membunuh orang dengan musik hanya jika Anda hantamkan alat musik yang sedang Anda pegang ke kepala mereka. Intinya belum ada orang yang terluka akibat mendengarkan musik yang jelek. Anda tidak akan melukai siapapun dengan musik yang sedang Anda mainkan, walau menurut Anda musik yang sedang Anda mainkan sangatlah jelek sekali.  Jadi gak usah takut!.
Adalah suatu hal yang normal sifat manusia ingin memperbaiki kesalahan yang terjadi. Namun jika Anda sedang bermain dalam sebuah pertunjukan yang menuntut Anda untuk berimprovisasi habis-habisan maka Anda harus belajar melepaskan kesalahan itu untuk sementara dan tetaplah bermain. Ada beberapa alasan untuk hal ini:
Pertama, menebak nebak permainan Anda dalam beberapa saat akan memperlambat proses secara keseluruhan dan akan membuat Anda menyerah dan berhenti bermain. Hal tersebut bukan lah suatu pilihan yang bagus. Banyak artis dari berbagai disiplin ilmu mengatakan bahwa Anda harus menyingkirkan kritik pribadi Anda pada saat membuat sketsa pertama. Dan berimprovisasi adalah mengeluarkan sketsa pertama itu kepada dunia untuk menjadi suatu hal yang baik atau malah menjadi hal yang buruk sekalipun. Ambil saja ide itu dan lanjutkan permainan.
Kedua, kesalahan kadang-kadang menimbulkan inspirasi. Suatu saat saya memainkan nada yang menurut Saya salah setengah atau satu nada dan terdengar aneh di telinga, namun pada saat nada itu tetap saya pakai dalam meng-aransir sebuah lagu, teman-teman satu band malah menyukainya dan membuat lagu itu menjadi sebuah lagu yang benar-benar lain dari aslinya. Intinya jika Anda memainkan sebuah nada yang terasa aneh coba cek dulu apakah nada tersebut  bisa di pakai atau tidak. Jika ternyata tidak, buang saja dan lanjutkan permainan Anda.
2. Mulailah dengan memainkan unsur apa saja. Dalam dunia Jazz ini disebut FREE PLAYING. Dan ini bisa menjadi suatu hal yang sangat istimewa dalam membangun ketahanan mental dalam berimprovisasi. Jangan terlalu di pikirkan. Gak usah kuatir jika Anda bermain dalam rhythm, cord atau bahkan tempo yang berubah-ubah. Coba saja selama dua menit. Mulailah berimprovisasi dengan gitar Anda selama dua menit tanpa berhenti. Sekali lagi, jangan berpikir, bermain saja lah. Gak usah kuatir bahwa nada nya terdengar bagus atau jelek. Intinya adalah menyingkirkan otak Anda selagi Anda sedang menciptakan sebuah melodi.
3. Beri diri Anda batasan yang ketat pada apa yang bisa Anda mainkan. Ini benar-benar kebalikan dari ide sebelumnya dan digunakan untuk mendapatkan hasil yang berbeda. Hal ini akan membantu Anda dalam mengelompkkan grup-grup kecil dan melodi=melodi yang gampang di ingat. Hal ini juga menbantu Anda untuk menggali setiap ide dari semua area musik. Cobalah contoh-contoh berikut ini dan ciptakan cara Anda sendiri:
# Gunakan progresi dua akord, satu ukuran masing-masing. Dan Anda hanya bisa bermain solo di tiga senar atas minor pentatonik.
# Gunakan alur satu kord dan biarkan diri Anda bermain di skala mayor pada senar 1
# Jamming lah dengan musik blues 12 bar hanya dengan satu nada
Di dunia nyata tidak ada yang namanya nada salah. Anda bisa memainkan nada apa saja di atas kord apa saja. Namun jika Anda bersikeras dengan pikiran tersebut sebagai seorang pemula maka Anda berurusan dengan hal yang sangat besar. Ini seperti berkata “Jalan sajalah, dan cari sendiri” akan lebih membantu jika Anda berkata “Jalan lah ke Jalan Kapok Rt 2 Rw 4
4. Trik yang satu ini dapat sangat membantu Anda untuk mengurangi perasaan buruk saat Anda memainkan Nada yang salah. Jika Anda sedang memainkan nada yang kurang Anda sukai selama memainkan melodi (Solo) namun Anda tau Anda masih dalan Skala yang tepat, cobalah satu nada searah dan Anda akan menemukan nada yang tepat untuk kord yang sedang main.
Jika Anda secara tidak sengaja keluar dari jalur skala, dan berakhir dengan nada yang tidak Anda sukai, cobalah bergeser satu fret ke kedua arah dan Anda segera akan berada di nada yang cocok. INGAT!!! Anda tidak boleh lebih dari satu fret dari nada yang cocok. Tidak saja Anda akan cepat balik ke jalur yang benar, Anda juga bisa memasukkan nada ini kedalam catatan Anda sebagai nada keren buatan Anda sendiri dan tetap memainkan nada tersebut jika Anda tidak kehilangan rasa percaya diri. Sungguh, Saya sendiri sudah pernah di “todong” untuk bermain di depan khalayak ramai tanpa persiapan apa pun, dan dengan kesalahan-kesalahan kecil itulah mereka bilang permainan saya jadi terdengar lebih keren… hihhihihi…. Namun mungkin karena keterbatasan pengetahuan tentang skala gitar, Saya tetap “mati kutu” kalau harus berimprovisasi dalam genre musik slow yang sangat lambat. :-(
5. Jika menggunakan trik nomor 4 tadi membuat Anda menjadi tampak lebih keren, mengapa tidak menggunakan “nada salah” itu dengan suatu alasan?. Coba saja trik nomor 1 dan 2 dan mulailah menggunakan “nada salah” itu demi sebuah keuntungan bagi Anda.
Improvisasi terbaik gitar Anda tidak akan muncul ke permukaan karena Anda memiirkannya terlebih dahulu. Improvisasi ini akan datang seperti sebuah mukjizat dari dewa gitar ketika Anda melenyapkan rasa takut dari otak Anda dan biarkan jari-jari Anda dan telinga Anda yang melakukannya. Semoga dapat membantu Anda semua. Saya bukanlah seorang gitaris handal yang mencoba menggurui Anda semua. Saya juga dalam tahap belajar, dan pelajaran yang saya dapat Saya coba bagi ke Anda. :-)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews