NOVA

Photobucket

Minggu, 31 Maret 2013

CARA MERAWAT GITAR YANG BAIK

ada beberapa hal yang dapat anda lakukan dalam merawat gitar kesayangan anda :



1. bersihkan senar gitar setidaknya seminggu sekali.
    disadari atau tidak, tangan kita mengeluarkan keringat yang cukup banyak ketika bermain gitar sehingga menempel pada permukaan gitar. selain mengotori senar, fret juga akan menjadi kotor. bila dibiarkan, maka senar akan berkarat dan suara gitar akan menjadi sumbang. cara yang paling baik membersihkan bekas keringat itu adalah mengelapnya dengan kain halus yang lembut.

2. kendurkan senar
    hal ini dilakukan jika kita tidak akan menggunakan gitar dalam waktu yang cukup lama. tujuannya agar leher gitar tidak bengkok akibat peregangan tali senar.

3. posisi gitar dan membanting gitar
    letakanlah gitar dengan posisi yang benar, yaitu terlentang dengan posisi bagian leher gitar menghadap keatas agar gitar tidak mudah rusak, terlebih patah.
    jangan pernah sekalipun membanting gitar karena suara dan bodi gitar akan rusak. jangan meletakan gitar dibibir meja agar gitar tidak tersenggol dan jatuh.

4. ganti senar gitar
    lakukan penggantian senar gitar secara berkala. terlebih, jika senar telah berkarat, maka gantilah senar gitar segera. karat pada senar gitar bisa menyebabkan suara menjadi sumbang dan membuat jari tangan menjadi sakit. jika sampai terluka, dikhawatikan akan menjadi infeksi.
    usakan penggantian senar gitar dilakukan satu set sekaligus (keenam senar gitar). tujuannya, agar tidak terjadi ketidakseimbangan suara yang dikeluarkan antara senar yang lama dengan senar yang baru.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews